Senin, 20 Juni 2011

JMMI 2011-2012 kabinet kampus Madani

Meskipun MA sudah lama berlalu tetapi gpp lah, mari kta share tentang JMMI dengan cabinet kampus madaninya dan misi “BISA”nya di kepengurusan 2011-2012

Ketua Umum : Ikhsan Nugraha (Teknik Elektro 08)
Sekretaris Jenderal : Erik Sugianto (Teknik Perkapalan 08)
Bendahara Umum : Septian Ainur Rofiq (D3 Teknik Elektro 08)
Sekretaris Kabinet : Immash Kusuma Pratiwi (Sistem Informasi 08)

Departemen Kaderisasi
Ketua Departemen : Agil Darmawan (Statistika 08)
Koordinator Putri Departemen : Gusriani (Teknik Sipil 08)


Seperti Departemen Kaderisasi dimanapun organisasi itu ada dan pastinya memjadi ujung tombak, tugas utamanya adalah menjaga semua kader yang ada di dalamnya. Ketika semua departemen berlomba-lomba untuk merekrut kader sebanyak-banyaknya, maka Departemen ini memikirkan hal yang berkebalikan. Departemen ini memikirkan bagaimana memberdayakan kader yang ada. Bagaimana dengan kader yang banyak bisa berjalan efektif agar sistem pembinaan yang ada dapat berjalan dengan baik juga. Menjadikan kader sesuai dengan muwashofat kader JMMI adalah cita-cita departemen ini..
Melanjutkan kepengurusan Sinergisitas Dakwah, maka kepengurusan kampus madani ini pun juga harus menjalankan konsep sinegisitas yang telah dibentuk. Kerjasama dengan LDJ dalam hal kaderisasi juga penting, agar semua elemen dakwah di ITS untuk membentuk kader yang militan

Departemen Media
Ketua Departemen : Faishal Mufied Al-Anshary (Sistem Informasi 08)
Koordinator Putri Departemen : Halimatus Sa’dyah (Teknik Informatika 08)

Salah satu departemen yang baru dalam kepengurusan ini. Sebenarnya fungsi dari departemen ini dahulunya sudah masuk kedalam syiar, akan tetapi karena JMMI juga diamanahkan sebagai BK Media Nasional oleh FSLDK Indonesia, maka diharapkan fungsi media benar-benar berjalan didalmnya. Siapa yang memegang media pasti bisa memegang dunia, inilah kenyataan yang ada sekarang ini, banyak propaganda yang memojokkan Islam.
Mengaktifkan kembali website FSLDK dan membuat panduan media nasional merupakan tugas utama departemen ini yang sempat mati suri. Melihat pentingnya media membuat hal ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Disini ternyata juga ada isu yang tidak bisa lepas dari media, bagaimana isu bisa muncul dan tenggelam dan semua orang menuju kepada isu tersebut.

Departemen Rumah Tangga
Ketua Departemen : Kukuh Danu Permadi (Teknik Geomatika 08)
Koordinator Putri Departemen : Lailatus Sa’adah (Kimia 08)


Tugas departemen ini sebenarnya simple, namun butuh keistiqomahan. Intinya gimana caranya membuat kader JMMI dalam hal ini pengurus JMMI 11 12 nanti nyaman dan betah berada di JMMI. Disini dibutuhkan kreatifitas dan inovasi, depertemen inilah yang menjadi penyejuk dikala semua depertemen mencapai tegangan tinggi.
Kedepan setiap minggu pagi kita akan mengadakan SMS ( Sunday Morning Sports), selama ini fisik kader kurang diperhatian sehingga 11 muhasafat JMMI tidak pernah lengkap. Selain itu hal – hal kecil seperti perhatian harus diberikan ke kader seperti info beasiswa, menjenguk apabila ada yang kena musibah dan sebaiganya. Intinya, Rumahku surgagu, JMMIlah rumahku.
Selanjutnya, ada poin penting mengenai pendanaan yang masuk ke ranah department ini. saat ini sudah saatnya wirausaha JMMI dikelola secara optimal dan professional, dalam hal ini Rumah tangga dapat berkoordinasi dengan bendum untuk melaksanakan fungsi ini karena kedepan atapun suatu saat nanti mimpi kita adalah JMMI free financial dari luar, entah itu kapan. Yang penting kita mulai dari sekarang.

Departemen Jaringan
Ketua Departemen : Muhammad Fauzi (Teknik Kimia 08)
Koordinator Putri Departemen : Dian Nur Aini (Fisika 08)


The power of silaturahim menjadi kata-kata yang harus dimasukkan kedalam setiap pejuang yang ada di departemen ini. Dengan terbentuknya persaudaraan semua akan terasa mudah karena semua dilakukan secara bersama-sama dan dengan ikhlas. Pencitraan JMMI dan pembawaan JMMI keluar juga berada disini.
Poin terbesar dari departemen ini adalah membentuk IKA JMMI, saat ini alumni JMMI tidak pernah terbahas sebelumnya sehingga setelah keluar dari JMMI semua kadernya lepas satu persatu tanpa ada wadah yang mewadahi. Selain alumni juga perlu mempertemukan elemen sponsor, ormawa lain, donator dan teman-teman yang ada di organisasi lain.
Setelah semua telah terjalin, maka penjagaan ukhuwah dengan elemen tersebut menjadi tugas-tugas yang harus ditingkatkan dengan kreativitas dan inovasi.

Departemen Syiar Kampus
Ketua Departemen : Bayu Wijaya (Teknik Mesin 08)
Koordinator Putri Departemen : Ummu Khoirun Nisa (Kimia 08)


Ketika bicara kampus madani, maka ujung tombaknya ada di departemen ini. Kedepan perlu syiar yang inovatif dan kreatif, kita perlu menganalisa apa yang dibutuhkan civitas ITS. Mulai sekarang, kita berikan apa yang mereka butuhkan, bukan kita berikan sesuai yang kita mau.
Syiar merakyat bisa menjadi solusi, selain melakukan pemakmuran masjid dan menjaga kesucian masjid. perlu diadakan syiar merata keseluruh target dakwah di ITS, kita bisa bekerjasama dengan FSLDJ untuk menopang tujuan tersebut. Kita adakan kajian di wilayah FSLDJ dan tempatnya tidak melulu di masjid, mungkin perlu di lapangan ataupun di plaza. Butuh orang yang kuat untuk mendobrak tradisi kea rah yang lebih baik.
Satu kata untuk depertemen syiar : Action.

Departemen Keputrian
Ketua Departemen : Istiqomah (Kimia 08)
Sekretaris Departemen : Lina Dwi Pertiwi (Statistika 08)


“Hati hanya bisa disentuh dengan Hati”, itulah kata yang cocok untuk antum. Tak banyak yang ane tuliskan disini untuk antum karena ane tahu akhwat-akhwat JMMI pasti tahu dan paham yang harus dilakukan. Kedepan kita berharap, keputrian JMMI bisa lebih memasyarakat dengan cewek-cewek di ITS. Kita butuh sedikit membuka diri dan banyak mendengar dari mereka, alangkah indahnya jika tidak ada lagi sebutan cewek dan akhwat.

Tim Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Jurusan
Ujung tombak realisasi sinergisitas ada ditangan Tim FSLDJ. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah membukukan dan mempublikasikan hasil MDK ITS ke seluruh ITS, kita pahamkan semuanya maksud dari isi buku panduan lembaga dakwah ITS tersebut. Kitalah yang akan mengawal jalannya sinergi dakwah ITS.

BSO Badan Pelaksana Mentoring
Direktur : Nur Ihsan Rubianto (Teknik Lingkungan 08)
Wakil Direktur I : Aris Fauzi (Teknik Mesin 08)
Wakil Direktur II : Ainun Fadilah Syafitri (Teknik Kimia 08)


Mentoring Never Die, Seperti sebelum-sebelumnya, mentoring merupakan peluang terbesar untuk menarik ADS-ADS selain juga untuk membina mahasiswa baru. Dengan pembinaan yang terpadu untuk mengawal pembinaan mahasiswa baru maka diharapkan mahasiswa ITS menjadi mahasiswa Robbani. Semua mentor pun diskrining dan difasilitasi semua dengan pembinaan yang berkala
Setelah mentoring wajib, maka mentoring lanjutan merupakan proses dari sistem pembinaan sebenarnya, disinilah benar-benar dibentuk diri seorang kader,

BSO Badan Pelayanan Ummat
Direktur : Amir Zamroni (Teknik Material 08)
Wakil Drektur : Nurissaidah Ulinnuha (Teknik Informatika 08)


Ingat materi mahasiswa baru ITS yang didengungkan dalam pengkaderan yaitu 4 PFM, salah satunya adalah social control. Bagaimanapun kita sebagai mahasiswa harus berbagi dengan sesama. Semua harus merasakan bagaimana kondisi saudara-saudara kita yang kurang beruntung, sudah menjadi tanggung jawab kita untuk membantunya. Bukankah islam adalah agama yang syumul.
Di departemen ini akan ada pengajaran, pembagian sembako, pelatihan untuk ibu-ibu, pengajian untuk ibu-ibu dan pastinya semua kegiatannya berfokus kepada masyarakat sekitar.

BSO FSLDK (Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus)
Ketua Tim : M Erwin Hidayat (Planologi 09)

Bila jaringan focus keluarnya adalah kepada alumni, sponsor, dan ormawa maka sudah barang tentu FSLDK fokusnya dalah kepada FSLDK Surabaya raya khususnya dan Indonesia umumnya. Peran JMMI di Surabaya Raya ternyata cukup vital, JMMI dianggap LDK yang mandiri, maka barang tentu kita jiga harus berkontribusi kepada LDK lain. Melalui pendampingan dan dialog terbuka serta kunjungan merupakan hal yang umum dilakukan. Bahkan target JMMI kedepan adalah memunculkan FSDa baru yaitu lingkup Madura raya.

Semoga apa yang telah dikonsep selama menjadi AHWA 22 benar-benar bisa terkabul

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates