Rabu, 09 Maret 2011

JMMI

Tentang JMMI
JMMI, Ketika masuk kedalam sebuah kampus ITS, nama JMMI pasti sudah tidak asing lagi dengan para mahasiswa. Ya, JMMI adalah sebuah lembaga dakwah kampus yang ada di ITS yang visinya adalah Mewujudkan masyarakat kampus yang Islami bercirikan aqidah yang kuat, akhlaqul karimah, dan intelektualitas menuju perbaikan ummat.

JMMI mempunyai fungsi sebagai berikut
A. Fungsi Pembinaan  mencetak kader, membina dan mengembangkannya agar terbentuk kader yang berkepribadian Islam, berintegritas tinggi dan mampu membawa tongkat estafet dakwah
B. Fungsi Keummatan  lembaga yang mengkoordinasikan dan memobilisir semua elemen dakwah untuk merespon permasalahan ummat sesuai dengan potensinya dengan strategi yang tepat dalam mencapai tujuan dakwah lembaga.
C. Fungsi Syiar  syi’ar Islam yang berkewajiban untuk senantiasa dekat kepada ummat sebagai obyek dakwahnya. Kedekatan tersebut bertujuan untuk menyebarkan pemikiran dan prinsip-prinsip Islam.
D. Fungsi Kemitraan  memandang bahwa aktivitas dakwah adalah kewajiban bersama yang harus dilakukan dimanapun dan kapanpun. Aktivitas dakwah ini harus dilakukan secara sinergis, karena kebenaran yang tidak terorganisir akan terkalahkan oleh kebatilan yang terorganisir. Untuk itu pola kemitraan JMMI ITS dilakukan dengan menjalin hubungan yang harmonis, membina sikap saling pengertian, berkoordinasi dan bekerja sama dengan pihak lain yang terkait dengan dakwah; ditujukan untuk mencapai sinergisitas dakwah, dengan harapan dakwah yang dilakukan saling menguatkan sehingga dapat diperoleh hasil yang optimal.

JMMI mempunyai Sistem Pembinaan, yaitu
1. Marhalah 1, untuk membentuk Syaksiyah Islamiyah
2. Marhalah 2, untuk membentuk Syaksiyah Da’iyah
3. Marhalah 3, Untuk membentuk Syaksiyah Qiyadah

Sejarah JMMI
JMMI (Jamaah Masjid Manarul Ilmi) didirikan bulan September tahun 1989 M bertepatan dengan bulan Safar tahun 1410 H di Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Keputih, Sukolilo, Surabaya oleh beberapa aktivis dakwah yang berada di jurusan. Sehingga LDJ (lembaga dakwah jurusan) sebenarnya sudah terbentuk dahulu sebelum JMMI itu ada. Tapi keadaan LDJ dulu masih sangat kuat sehingga bisa mendirikan JMMI, sedangkan saat ini kondisinya terbalik, JMMI sudah bisa berjalan dinamis sedangkan LDJ masih belum berkembang pesat. Sebenarnya saat awal-awal berdiri tugas JMMI hanya menyemarakan Ramadhan, mengadakan mentoring dan memakmurkan Masjid Manarul Ilmi dengan pelayanannya kepada jamaah. Akan tetapi karena kedinamisan zaman dan pergerakan yang ada, akhirnya JMMI memiliki beberapa departemen dan BSO (Badan Semi Otonom) seperti sekarang ini



Arti Lambang.
a. Kubah masjid menggambarkan bahwa aktifitas lembaga berpusat di Masjid Manarul ‘Ilmi
b. Setengah lingkaran roda bergigi menggambarkan bahwa lembaga ini merupakan bagian dari ITS sebagai institusi berbasis teknologi.
c. Tulisan J M M I menunjukkan nama lembaga
d. Warna hijau tua melambangkan kedamaian

1 komentar:

eru hs mengatakan...

Assalamu'alaykum, minta ijin share artikelnya mas.

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates