Senin, 28 Maret 2011

LKMM

Tentang LKMM
LKMM (Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa) dimana merupakan suatu pelatihan yang ada di ITS dan di perguruan tinggi lainnya yang sudah diakui oleh DIKTI (Pendidikan Tinggi). Dalam sejarahnya, hanya di ITS saja yang LKMMnya dipandu oleh mahasiswa sedangkan di kampus lain, pemandu LKMM harus dari dosen. Bahkan pemandu-pemandu di ITS sudah banyak mengisi dikampus lain sekitar Surabaya.

Jenjang LKMM
No //Jenjang LKMM // Pelaksana // Fokusan
1 //Pra LKMM TD //BEM Fakultas // Manajemen Diri
2 //LKMM TD (Tingkat Dasar) // Himpunan Mahasiswa Jurusan //Manajemen Kegiatan
3 //LKMM TM (Tingkat Menengah)//BEM Fakultas //Manajemen Organisasi
4 //LKMM TL (Tingkat Lanjut) //Dikti // Manajemen Publik
LKMM diawali dari dari Pra LKMM TD yang ditujukan untuk para mahasiswa baru dan wajib untuk semua mahasiswa baru. Setelah mengikuti Pra LKMM TD maka peserta bisa mengikuti hingga LKMM TL.

Tentang Pemandu
Pemandu adalah orang yang mengarahkan peserta dalam suatu LKMM kearah yang dituju dari suatu materi yang ada di LKMM. Pemandu mempunyai hak yang sebesar-besarnya dalam membawa suasana pelatihan agar peserta bisa menangkap materi dengan cara yang kreatif. Akan tetapi pemandu juga mempunyai batasan dalam mengawal dan mengisi materi dalam LKMM. Batasan itu berupa peraturan dan sikap yang diperagakan pemandu karena biar bagaimanapun pemandu akan dicontoh oleh pesertanya.
Untuk menjadi seorang pemandu di ITS, maka mahasiswa ITS minimal harus sudah lulus LKMM TD baru bisa mengikuti PP LKMM (Pelatihan Pemandu). Nah setelah mengikuti PP ini, maka mahasiswa yang sudah ikut PP bisa langsung memandu sesuai dengan jenjang LKMM yang sudah diikuti, bila ada seseorang yang sudah mengikuti hingga LKMM TM, maka dia bisa menjadi pemandu di LKMM TM di tahun berikutnya. Sedangkan untuk LKMM TL (Tingkat Lanjut), pemandunya berasal dari para dosen.

Materi Pelatihan
Untuk materi di LKMM, terdiri dari dari materi wajib dan materi wawasan. Untuk materi wajib, semua materi sudah ada dan sudah ada kurikulum kebakuannya sehingga tidak bisa diubah-ubah begitu juga dengan kisi-kisi materi dan waktu dalam memandu. Semua itu tidak boleh dikurangi, jika ditambah boleh. Dan urutan dalam materi tersebut juga sudah teratur sedemikian rupa sehingga para pemandu tinggal mengembangkannya saja. Materi wajib ini juga sudah disahkan oleh DIKTI dengan kurikulum yang ada. Untuk materi wawasan bisa diubah sesuai dengan kondisi peserta yang akan mengikuti LKMM. Biasanya, LKMM ini berhubungan erat dengan Departemen PSDM tiap organisasi mahasiswa yang ada di ITS.
Di setiap sesi materi akan ada simulasi yang harus diikuti peserta, hal ini ditujukan untuk mengetahui sejauh mana peserta menyerap materi yang telah disampaikan. Diakhir acara LKMM juga aka nada suatu simulasi total. Setelah pelatihan di LKMM selesai, maka tugas selanjutnya adalah mengadakan KPP (Kegiatan Pasca Pelatihan) yang harus dikerjakan. Bila peserta tidak bisa mengerjakan KPP ini dengan baik maka bisa dikatakan peserta tidak lulus dalam suatu jenjang LKMM
No//Jenjang // Sifat // Tujuan // Jumlah Jam (Min)
1 //Pra Dasar //Semua Mahasiwa Baru //Manajemen Pribadi //14 Jam
2 //Dasar Pilihan //(Jurusan / Fakultas) //Manajemen Kegiatan //20 Jam
3 //Menengah //Pilihan (PT / Wilayah) //Manajemen Organisasi //32 Jam
4 //Lanjut //Pilihan (Nasional) //Manajemen Massa/Publik //36 Jam


Syarat-Syarat
1. Pra LKMM TD
- Tidak ada (wajib untuk mahasiswa baru ITS)
2. LKMM TD, TM, TL
- Telah mengikuti LKMM di jenjang sebelumnya
- Transkrip IPK
- Pas Foto 4 x 6
- Surat Rekomendasi Himpunan
- Surat pernyataan berseia mengikuti LKMM TM sampai selesai dan mengikuti KPP
- Menunjukkan sertifikat yang mendukung
- Mengisi formulir
- Membuat esai

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates